Text
Pengukuran kinerja : model-model popular dan implementasi sederhananya
Pengukuran kinerja adalah proses pengumpulan, analisis, dan/atau pelaporan informasi mengenai kinerja dari seorang individu, grup, organisasi, sistem atau komponen. Dalam proses ini, organisasi menetapkan parameter hasil untuk dicapai oleh program, investasi, dan akuisisi yang dilakukan. Kinerja (performance) secara sederhana diartikan sebagai kemampuan dan usaha yang dilakukan seseorang, tim maupun organisasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan. Kinerja juga dapat diartikan sebagai hasil kerja ataupun prestasi kerja yang dihitung berdasarkan target yang telah ditetapkan sebelumnya dan capaian tertentu pada suatu periode waktu (hari, minggu, bulan tahun , dsb). Buku ini berisi tentang konsep pengukuran kinerja dan evolusinya serta penetapan indicator kinerja maupun validasinya. Model-model pengukuran kinerja yang dibahas dalam buku ini meliputi : strategic management analysis and reporting technique (SMART) yang dikenalkan pada tahun 1988, balanced scorerd (BSC) yang dikenalkan tahun 1992, European foundation for quality management (EFQM) Excellence model yang dikenalkan pada tahun 1992, dsb.
Tidak tersedia versi lain